Kamis, 18 April 2013

Penyebab Turunnya Harga Emas

 

   

 

Harga emas mengalami penurunan yang signifikan pada pertengahan bulan April tahun 2013 ini. Bahkan, penurunan harga emas sebesar 13 persen pada 11 April lalu merupakan penurunan terbesar kedua sejak tahun 1980.

 

JP Morgan Chase, yang telah melakukan survei di 30 negara di dunia yang mewakili hampir 90 persen dari perekonomian dunia, menjelaskan, inflasi global sebesar 4 persen telah memuncak pada 2011 lalu.


Setiap tahun, nilai inflasi terus turun dan pada Februari 2013 ini hanya sekitar 2,5 persen. Artinya, perekonomian global sudah mengindikasikan pemulihan sehingga hal tersebut membuat anomali bagi harga emas. Di saat perekonomian dunia membaik, maka harga emas turun. Sebaliknya, bila perekonomian dunia memburuk, harga emas cenderung melesat.


JP Morgan juga memprediksi bahwa dengan mulai pulihnya perekonomian dunia, maka inflasi di paruh kedua tahun 2013 ini akan hanya sekitar 2 persen. JP Morgan menilai, penurunan inflasi ini karena sudah mulai terselesaikannya masalah pasokan barang. Harga-harga barang khususnya komoditas yang biasanya mengontribusikan inflasi tinggi sudah relatif lebih murah dibanding sebelumnya sehingga tidak mengerek inflasi.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa penyebab turunnya harga emas dipengaruhi oleh Negara Siprus yang menjual cadangan emasnya untuk memperbaiki kondisi perekonomian yang menyebkan kekuatiran masayarakat kalau negara negara eropa akan mengeluarkan cadangan emas.

 

untuk diketahui bahwa emas hari ini di level $1.350, padahal emas sempat menyentuh $1,900.

 

 

0 Comments: