Selasa, 27 Desember 2011

SELEKTIF MEMILIH HUTANG

 

hutang

Hutang  siapa takut???

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan kredit/hutang dengan kemudahan-kemudahan seperti kredit pemilikan rumah, kredit pemilikan kendaraan serta hutang dengan penggunaan kartu kredit. Apa usaha kita untuk mensikapi hal tersebut??? tentunya kita harus bijak dengan hutang bukan???

 

Banyak orang yang alergi dengan hutang, tapi banyak juga orang yang suka berhutang. Yang perlu digarisbawahi adalah untuk apa kita berhutang dan seberapa besar keuntungan dari berhutang.

 

Tidak semua hutang itu jelek, hutang dapat digunakan sebagai modal usaha. berhutanglah jika kita benar-benar membutuhkan, jangan asal hutang karena hutang terlalu banyak sangat berbaya dengan kondisi keuangan kita.

 

hutang

yang perlu diperhatikan dalam berhutang :

1. Gunakan hutang untuk keperluan produktif, artinya hutang 500 ribu dapat menghasilkan pengembalian modal di atas 500 ribu jadi kita bisa membayar hutang beserta bunganya.

 

2. Jangan sekali-kali berhutang untuk keperluan konsumtif bila tidak benar-benar terpaksa untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hutang untuk keperluan konsumtif pada akhirnya akan sangat menjerat karena pada umunya hutang ada bunganya.

 

3. Perhatikan kemampuan kita dalam membayar hutang, agar keuangan kita tidak kocar-kacir sebaiknya dalam berhutang perlu kita perhatikan berapa jumlah yang harus kita angsur, sebaiknya dalam mengangsur tidak lebih dari 1/3 kali jumlah penghasilan kita.

 

Masih banyak cara-cara menghindari agar kita tidak bisa terjerat dari hutang, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

wiryo

http://full-emas.blogspot.com

http://kreasi-bisnis.blogspot.com

 

0 Comments: