Selasa, 19 Juni 2012

Investasi Emas adalah Pilihan Tepat

 

perhiasan emas

 

Ekonomi - / Senin, 18 Juni 2012 20:01 WIB

Metrotvnews.com, Palembang: Investasi emas menjadi pilihan tepat saat ini. Sebab, harga logam mulia itu cenderung stabil dalam beberapa tahun terakhir.


"Salah satu bentuk investasi yang cukup aman saat ini adalah dengan membeli emas, selain jenis investasi yang lain. Apalagi, Bank Indonesia telah membuat aturan dalam gadai untuk menjaga harga tidak terlalu fluktuatif," kata pengamat ekonomi Didik Susetyo, di Palembang, Sumatra Selatan, Senin (18/6).


Bank Indonesia resmi memperketat aturan gadai emas dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 14/7/DPbs tanggal 29 Februari 2012, setelah mendapatkan penyalahgunaan produk gadai emas menjadi investasi spekulatif.
"Aturan-aturan tersebut dikeluarkan, agar penyalahgunaan produk gadai emas yang terjadi sebelumnya tidak terulang kembali," imbuhnya.


Didik menilai, gejolak harga emas dewasa ini tergolong wajar. "Harga turun biasanya saat menjelang waktu keberangkatan ibadah haji karena banyak yang menjual atau menjelang penerimaan siswa baru. Selebihnya hampir tidak ada," tambahnya.


Padahal, menurut dia, peningkatan harga emas dunia biasanya disebabkan terjadi peningkatan permintaan yang signifikan oleh suatu negara. "Contohnya, Amerika Serikat (AS) memiliki kebijakan baru untuk menambah harta negara sehingga membeli logam mulia cukup banyak, maka akan terjadi kenaikan. Begitupula sebaliknya," jelasnya.
Harga emas perhiasan di Kota Palembang, saat ini relatif stabil antara Rp3,1 juta per suku (6,7 gram) sejak dua pekan terakhir.
Rio, pemilik toko emas di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan, kondisi harga emas stabil disebabkan seimbang jumlah permintaan dan penawaran. Selain itu, didukung nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang relatif bertahan.


"Sementara ini transaksi jual beli terbilang biasa-biasa saja. Meski sedang penerimaan siswa baru untuk masuk sekolah, bisa dikatakan tidak banyak yang menjual perhiasan emas simpanan," ujarnya.(Ant/TII)

 

Sumber :

http://www.metrotvnews.com/ekonomi/news/2012/06/18/95250/Investasi-Emas-adalah-Pilihan-Tepat

0 Comments: