Rabu, 17 Mei 2023

Cara Investasi Emas yang Benar



Bagaimana cara Investasi  emas? banyak tulisan dari website-website yang membahas tentang investasi emas, namun rasanya mungkin masih kurang bila saya tidak urun berpendapat mengenai Investasi emas. 

Investasi adalah menyisihkan uang untuk masa yang akan datang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

jadi unsur Investasi adalah:

1. Punya uang atau dana 

2. ada waktu jeda (waktu yang akan datang)

3. ada harapan keuntungan. 

apa beli emas bisa menguntungkan? kita lihat grafik pertumbuhan emas di bawah ini:



Grafik emas dalam jangka panjang selalu naik, jadi janganlah investasi emas hanya satu dua tahun karena dalam jangka waktu tersebut relatif belum untung dan kadang malah rugi. 

Tips untuk Investasi emas
1. tentukan tujuan sebelum melakukan Investasi emas, apa harapan yang ingin dicapai.
2. Pastikan sudah ada dana darurat yang dicadangkan sebelum melakukan investasi emas.
3. beli emas untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun. 

Jika kita punya tujuan ingin Umrah, kemudian ingin dicapai dengan cara nabung emas maka kita perlu tahu berapa biaya untuk Umrah, misalnya sekarang ini biaya umrah 35 juta. nah angka 35 juta setara dengan 35 gram. jadi jika kita ingin mendapatkan uang 35 juta dalam 5 tahun kita harus menabung sebanyak 7 gram per tahun. tidak perlu kuatir nanti saat lima tahun ke depan biaya umrah naik, karena harga emas nya akan turut naik juga. 

kenapa harus punya dana darurat sebelum membeli emas??
Saat kita membeli emas kemudian sebulan kemudian ada keperluan mendadak maka kita tidak perlu menjual emasnya tapi menggunakan dana darurat, bayangkan jika kita membeli emas kemudian baru satu bulan kita jual apa yang terjadi???  iya pastilah akan rugi, karena harga jual dan harga beli emas ada perbedaab yang cukup besar. 

Semoga bermanfaat.



0 Comments: