Senin, 13 Oktober 2008

Kenapa harga emas bisa Turun?


Mengapa Harga Emas Bisa Turun ?
Oleh : Muhaimin Iqbal
Allah menciptakan segala sesuatu sesuai ukurannya dan emasdiciptakanNya secara terbatas. Di seluruh Dunia saat inihanya ada sekitar 150,000 ton emas di permukaan bumi. Yangdigali dari pertut bumi setiap tahun hanya menambah emasdi permukaan bumi sekitar 1.5% per tahun – sesuai denganlaju pertumbuhan penduduk dunia.
Dengan keterbatasan emas tersebut, mengikuti hukum pasarsupply & demand sudah seharusnya harga emas naik terusapabila diukur dengan uang kertas. Kenyataannya dalamjangka panjang memang demikian. Namun dalam jangka pendek,sebulan dua bulan, setahun dua tahun bisa saja harga emasturun.
Seluruh pemerintahan di dunia menggunakan ukuran uangkertas sebagai dasar penilaian kinerjanya. Kalau hargaemas dibiarkan terus naik dan orang mulai mnggunakan emassebagai rujukan nilai, maka nilai seluruh mata uang duniaakan kelihatan terus merosot dengan sangat serius. Inilahyang tidak dikehendaki oleh para penguasa dunia.
Lantas apa yang mereka lakukan ? dari waktu ke waktupemerintahan di dunia menggunakan cadangan emasnya untukmempengaruhi harga emas di pasar bebas. Namun karena emasini benda riil yang harus diperoleh dari upaya riil, bedadengan uang kertas yang bisa mereka cetak kapan saja–berapa saja; maka kemampuan mereka mempengaruhi hargapasar ini makin lama makin melemah seiring denganmenurunnya cadangan emas mereka.
Coba perhatikan grafik disamping yang datanya saya olahdari data Gold Anti Trust Action Committee (GATA);cadangan emas yang dimiliki oleh seluruh Bank Sentral DiDunia kalau dijumlahkan mengalami penurunan yang sangatsignificant dalam seperempat abad terakhir. Bukankahseharusnya naik karena penduduknya naik dan jumlah emas dipermukaan bumi juga naik seiring pertambahan penduduk ? .Inilah jawababnnya; para Bank Sentral dunia tidak mampumenambah cadangan emasnya, dan bahkan mereka harusmenggunakan cadangan yang ada untuk mempengaruhi hargaemas di pasar bebas sehingga seolah-olah mata uang kertasmereka masih bernilai.
Ini bukan hanya sinyalemen saya, ada yang sudah sangatterbuka mengungkap hal ini yaitu GATA.
Minggu lalu muncul sebuah iklan besar di Wall StreetJournal dengan judul “Anybody Seen Our Gold ?”. Iklan inidi sponsori oleh Gold Anti Trust Action Committee (GATA).Isi dari iklan panjang ini intinya ingin mengungkapberbagai kecurangan pemerintahan di seluruh dunia dalammempermainkan harga emas. Berikut adalah terjemahan bebasdari beberapa point penting yang dimuat di iklan tersebut.
“Cadangan emas di Amerika Serikat sudah tidak lagi diaudit secara penuh dan independent selama lebih darisetengah abad terakhir. Sekarang terdapat bukti bahwacadangan emas tersebut, juga yang dimiliki olehnegara-negara barat, telah digunakan secarasembunyi-sembunyi untuk memanipulasi mata uanginternasional, pasar komoditi, pasar saham dan pasar suratberharga.
Federal Reserve Chairman waktu itu – Alan Greenspan,mengaku di depan kongres Amerika Serikat 24/7/1998 bahwaBank Central akan ‘meminjamkan’ emasnya untuk menambahjumlah emas apabila harga emas naik.
Dengan upaya menekan harga emas yang bagaimanapun, hargaemas telah mencapai US$ 900/ounce; Apabila harga emasdibiarkan bebas mengikuti mekanisme pasar – maka hargaemas bisa mencapai US$ 3000 – US$ 5,000 /ounce.
Tujuan dari manipulasi harga emas adalah untukmenyembunyikan kegagalan Dollar Amerika dan untukmempertahankan kedudukan Dollar Amerika sebagai cadangandevisa bagi hampir seluruh negara.
Permainan harga emas oleh pemerintah akan membawa bencanabagi dunia, oleh karenanya harus dihentikan.”
Jadi berhati-hatilah kita semua, ada kekuatan yang sangatbesar sedang bertarung di pasar dunia. Tetapi Allah MahaBesar, Cukuplah Allah Sebagai Pelindung dan DialahSebaik-baik Pelindung.

0 Comments: