Selasa, 21 Juli 2009

HARGA EMAS STABIL

Pasca Pengeboman, Harga Emas Stabil di Jambi

 

Pasca Pengeboman, Harga Emas Stabil di Jambi
Toko Emas (ANTARA/Yusran Uccang)

Jambi (ANTARA News) - Pengeboman yang terjadi di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta, Jumat (17/7) tidak mempengaruhi harga emas, seperti yang ada di Provinsi Jambi. Harga emas murni di Kota Jambi hingga saat ini masih stabil. Hal ini terkait nilai tukar Dolar terhadap Rupiah masih standar, sehingga tidak mempengaruhi harga emas.
Beberapa penjual/tukang emas di Kota Jambi mengatakan, harga emas sebulan terakhir masih stabil. Sebut saja Firdaus (40), pemilik toko Mas Beringin, Jalan Sisingamangaraja, Jambi. Ia mengatakan, harga emas stabil sudah satu bulan terakhir ini. Sebelumnya memang harga emas sempat gonjang-ganjing. Artinya tidak menetap, bahkan dalam satu Minggu bisa dua kali naik atau turun.
Untuk emas murni, Firdaus menjual Rp 1,9 juta per suku, dimana satu suku ini beratnya 6,7 gram. Untuk emas 22, ia menjual Rp 200 ribu per gram. "Namun ini tergantung modelnya. Ini kan banyak modelnya, nah, modelnya ini juga yang membuat harga emas itu mahal," ujar Firdaus, yang ditemui di tokonya Senin.
Harga RP 200 ribu per gram itu bisa saja berubah kalau modelnya lebih bagus. Misalnya kalung, dalam kalung tersebut banyak hiasan atau main-mainannya yang unik. Itu yang mempengaruhi harga lebih mahal.
Selain emas murni dan emas 22, Firdaus juga menjual emas London. Untuk emas London ini, ia menjual Rp 300 ribu per gram. Juga ada emas muda harganya sedikit lebih murah, yakni Rp 60-70 ribu per gramnya. Namun baik emas London atau emas muda ini, kata Firdaus harganya juga tergantung model.
Lebih jauh Firdaus menjelaskan, meski harga emas ini stabil, namun tetap juga tidak mampu mendongkrak pembeli. "Pembeli tetap juga seperti biasa, artinya tidak ada pelonjakan. Masih standar saja," jelasnya.
Namun sayang, Firdaus tidak bersedia menjelaskan berapa omset yang ia dapatkan setiap harinya. Tapi, pembeli selalu ada setiap hari katanya.
Terpisah, pemilik Toko Mas Mega, juga mengatakan hal yang sama, yakni harga emas stabil. Harga emas ditokonya juga sama dengan harga ditoko Firdaus. Sama sekali tidak ada perbedaan. Hanya saja yang membedakan harga adalah model emas itu sendiri.
"Karena lain toko kan lain model atau seni membuat emasnya. Jadi itu sangat mempengaruhi harga, makany kadang bisa beda harga," tuturnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh pemilik toko emas Cahaya Mulia. Menurutnya model sangat mempengaruhi harga jual. Namun kalau harga emas per gramnya semua sama antara satu toko dengan yang lainnya. "Harga emas biasanya selalu sama antara satu toko dengan toko emas lain. Hanya saja mungkin yang membedakannya adalah upah pembuatannya," sebutnya.(*)

SUMBER : http://www.antaranews.com/view/?i=1248106940&c=EKB&s=BIS

0 Comments: