Selasa, 29 September 2009

MENCERMATI HARGA EMAS

setelah bertengger di kisaran diatas $1000/troyonce pada pertengahan bulan september 2009 kini emas stabil di kisaran $990/Troy ounce. Kenapa Harga emas naik Turun? mungkin ini pertanyaannya.

 

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Secara jangka pendek emas memang bisa saja naik turun sesuai hukum ekonomi "Hukum Permintaan dan Penawaran".  Jika Penawaran Tinggi dan permintaan Rendah maka harga emas akan turun dan sebaliknya jika Permintaan tinggi sedangkan penawaran rendah maka emas akan naik. nah itu yang perlu kita cermati sebagai pelaku investor emas yaitu kapan emas banyak permintaanya, dan kapan emas banyak peminatnya?

Fungsi emas yang sangat mempengaruhi harga adalah Fungsi emas sebagai lindung nilai atau Hedging, hal ini disebabkan karena emas dianggap benda yang sangat stabil nilainya.

1. Jika harga saham jatuh para investor saham akan mengalihkan dananya ke emas sebagai pelindung harta mereka, jadi saat harga saham jatuh emas biasanya akan naik harganya.
2. Saat Dollar terdepresiasi terhadap Euro. perlu dicermati bahwa dollar adalah standar perdagangan international dan penggunanya banyak jika dollar melemah atas Euro maka pengguna dollar akan mengalihkan dananya ke emas sebagai lindung nilai.
3. Sedangkan yang paling pokok adalah kenapa harga emas naik terus adalah karena jumlah emas di alam ini terbatas dan biaya untuk menambang dari perut bumi makin mahal karena letaknya yang makin dalam ke perut bumi.

Jadi jangan kuatir jika ada penurunan emas, karena nanti juga pasti akan naik lagi.

 

wiryo
http://emaspermata.wordpress.com

http://full-emas.blogspot.com



0 Comments: