Senin, 28 September 2009

ALAT UJI EMAS

Untuk menguji emas diperlukan alat-alat agar hasil pengujian akurat atau mendekati akurasinya. Alat-alat ini antara lain:

1. Timbangan

D1055HL100

Timbangan berfungsi untuk mengetahui berat emas tersebut, dengan timbangan elektronik akan lebih mudah karena emas tinggal diletakan diatas timbangan dan hasilnya dapat dilihat pada displaynya, akan terlihat berat emas yang sebenarnya. Harga timbangan ini murah dan terjangkau dan dapat dibeli di toko peralatan emas. di Internet pun banyak yang menjualnya, silahkan browshing saja.

2. Batu Uji dan Air Uji

 

 batu uji

Fungsinya untuk menguji kadar emas dengan cara emas digosokan pada batu uji kemudian ditetesi dengan air uji, cara ini sangat sederhana dan mudah sekali, seorang yang tidak pernah sekolahpun bisa dan akan mahir bila sudah terbiasa, lihat saja pedagang-pedagang emas dipinggir jalan mereka mahir sekali dalam menguji kadar emas. Alat ini juga banyak dijual ditoko-toko peralatan emas.

 

3. Jarum Uji Emas

images

Digunakan untuk mencocokan hasil pengujian kadar emas dengan air uji jika ada keragu-raguan. Alat ini tidak mutlak digunakan fungsinya hanyalah sebagai pembanding saja.

 

wiryo

wiryo_lab1
http://emaspermata.blogspot.com
http://belajarberlian.wordpress.com

 

 

 

 

 

0 Comments: