Rabu, 02 Desember 2009

TREND EMAS PUTIH

Foto002

Antara Emas, Platina, dan Emas Putih

Emas merupakan logam yang tahan terhadap korosi (karat) dan oksidasi. Selain emas, logam mulia lainnya adalah perak dan platina. Umumnya logam-logam mulia ini memiliki harga yang tinggi, karena sifatnya yang langka dan tahan korosi.
Kadar emas dinyatakan dengan karat. Jika disebutkan 24 karat, itu berarti kadar emasnya 99,99 persen, dan sering disebut logam mulia. Biasanya berupa batangan, bukan perhiasan. Kalau 22 karat berarti kadar emasnya sekitar 80-90 persen (tercampur dengan 10-20 persen logam lain). Sedangkan 18 karat berarti mengandung 75 persen emas.


Nah, pencampuran dengan logam lain itulah yang membuat tampilan kuning pada emas berbeda. Jika tercampur tembaga, muncul efek kemerahan. Emas bercampur perak memberi efek kehijauan. Kalau tercampur seng, warna emasnya menjadi pudar. Emas 24 karat pasti berwarna kuning emas.


Emas Putih
Kini, tren mengarah pada perhiasan emas putih. Banyak perhiasan yang sebenarnya hanya dilapisi / disepuh emas putih, tetapi bagian dalamnya emas kuning. Kalau makin sering dipakai, warna emas putih itu akan memudar.
Secara teori, emas putih berbeda dengan emas kuning. Emas putih adalah campuran emas dengan logam lain berwarna putih seperti nikel (Ni), perak (Ag), palladium (Pd), platinum (Pt), maupun rhodium (Rh). Campuran logam putih mampu mengubah warna emas dari kuning menjadi putih.


Nuansa cemerlang pada emas putih ini diperoleh dari sepuhan rhodium. Kalau dipakai makin lama, cemerlangnya bakal memudar, tetapi warnanya tetap putih. Jika mau kembali cemerlang, perlu disepuh dengan rhodium.


Tetapi ada salah kaprah di masyarakat, di mana orang-orang mengira kalau emas putih itu platina. Inilah yang perlu diluruskan. Platina memang logam berwarna putih. Dalam perhiasan, satuan kemurniannya dinyatakan dengan Pt 900, Pt 950, dan Pt 1000. Pt 900 berarti perhiasan mengandung platina 90 persen (900 per 1.000).
Umumnya yang diolah sebagai perhiasan adalah Pt 900 dan Pt 950, meski ada juga Pt 1000 (platina murni). Dengan ukuran yang sama, platina memiliki bobot dua kali lebih berat daripada emas. Harga per gramnya juga 2-2,5 kali lebih mahal ketimbang emas.


Karena kemurniannya itulah, platina menjadi bahan yang hypoallergenic, yaitu platina yang tak menyebabkan reaksi alergi. Sekarang bagaimana cara membedakan platina dan emas putih? Emas putih biasanya berwarna kekuningan, apalagi kalau dilihat di bawah sinar matahari. Sedangkan platina berwarna lebih putih, atau mirip timah.


Agar warnanya lebih cemerlang, emas putih perlu disepuh kembali dengan rhodium. Sementara warna putih pada platina selalu cemerlang, dan tak pernah pudar. (Istolia Wahyu Wardani-32)

sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2008/02/11/451/Antara.Emas..Platina..dan.Emas.Putih.

0 Comments: