Sabtu, 25 Februari 2012

Perlu Berapa tahun Harga barang akan naik 2 kali lipat?

 

 

ilmu dinar

 

Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah diumumkan naik, namun inflasi telah menghadangnya seperti Akan naiknya BBM yang selalu diikuti naiknya biaya transportasi serta bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya, belum lagi ada rencana PLN mau menaikan tarif dasar Listrik (TDL). Inflas memang tidak bisa dihindari dan memang sudah menjadi dinamika kehidupan. Yang penting kita bisa mensikapinya agar pendapatan kita selalu naik di atas kenaikan harga barang secara umum atau Inflasi.

Ada sebuah buku Bagus tulisan Muhaimin Iqbal yang berjudul “Dinar Nomics” , buku ini menjelaskan bagaimana tips-tips menghadapi Inflasi yang di antaranya dengan Investasi Emas. Karena Emas dianggap sebuah benda yang tahan terhadap Inflasi, dimana dibuktikan dengan harga 1 ekor kambing pada abad ke-5 masih sama dengan harga sekarang ini yaitu 1 dinar.

 

Kalau 1 dinar sekarang ini senilai dengan 4,25 X 510.000x91,6%= Rp. 1.985.430,-

Nah harga kambing yang ukuran besar memang harga sekitar itu, Harga kambing Gembel (Cokol/gibas) untuk daerah saya (tegal) saat hari raya Qurban seharga 1,65 juta dan untuk kambing Ras Jawa di atas 2 juta.  itulah kestabilan dinar atau emas  jika dibandingkan dengan uang kertas yang selalu nilainya turun.

 

Ada yang menarik dari buku tersebut adalah, ada formula sederhana untuk menghitung harga barang. Harga barang akan menjadi 2x lipat jika setelah berapa tahun?

Ada formula yang dinamakan Rule of 72, yaitu barang akan mengalami kenaikan 2x lipat bila angka 72 dibagi rata-rata tingkat inflasi.  Misalnya harga barang sekarang 40 juta, rata-rata inflasi 12% maka barang tersebut akan menjadi 80 juta setelah berapa tahun?  72/12 = 6 tahun.  maka barang tersebut akan mempunyai harga setelah 6 tahun.

 

Nah harga barang akan terus naik, saya hanya menganjurkan jika Anda sudah cukup uang belilah rumah tinggal, karena kenaikan harga rumah lebih besar daripada kenaikan pendapatan, dicicil lebih baik daripada tidak sama sekali.  Jangan sampai setelah pensiun nanti kita tidak punya rumah, dan akhirnya diusir dari rumah dinas seperti Pecundang !!!!

 

 

Semoga Bermanfaat, Mohon Doa keselamatan dunia akhirat untuk saya dan keluarga,  Amiin !!!! Jazakallahu  Khaeran !

 

 

 

0 Comments: