Kamis, 10 Januari 2013

Penentu Harga batu Permata

 

 

  emeraldku
   

Sebagai Penggemar batu permata kita harus tahu apa sih yang mempengaruhi harga batu Permata? Pada dasarnya yang mempengaruhi harga batu permata ada beberapa faktor, antara lain :

1. Keaslian batu Permata, Natural atau Sintetis?  batu permata yang Natural atau terbentuk secara alami di alam akan lebih mahal daripada yang sintetis (dibuat secara sengaja). Penggemar atau kolektor batu permata akan lebih menyukai yang natural karena secara psikologis  yang natural akan lebih memeberikan kepercayaan pada pemakainya.

2. Warna Batu Permata, Warna batu permata juga akan mempengaruhi harga batu permata, misalnya warna hijau daun pada zamrud akan lebih mahal daripada hijau pucat, Merah darah pada Ruby akan lebih mahal daripada merah daging.

3. Penomena khas, Penomena yang khas pada batu permata juga akan mempengaruhi harga batu permata, biasanya fenomena star / asterism pada safir atau ruby akan lebih mahal daripada yang tidak ada.

star saphire sidik jari
Safir dengan sternya

Safir tanpa ster

4. Kejernihan Kejernihan pada batu permata tidaklah sama dengan pada berlian, pada berlian kejernihan sangatlah mutlak, makin jernih makin mahal. Pada batu permata cacat atau inklusi sangat diperlukan untuk deteksi keaslian/original atau asal batu permata. Kejernihan batu permata biasanya hampir sama dengan tingkat transparancy. Yang transparen  akan lebih mahal dari pada yang semi transparen. yang opaq atau tidak tembus pandang biasanya akan lebih murah.

5. Ukuran / Carat, Ukuran besarnya batu permata akan mempengaruhi harga batu permata, umumnya makin besar harga batu permata akan lebih mahal.

6. Cut, Cutting atau bentuk asahan batu permata  juga akan mempengaruhi harga batu permata.

Cuting Cabochon pada cat eye chrysoberil  akan lebih mahal daripada bentuk lain.

Bentuk Emerald pada Zamrud akan lebih mahal daripada bentuk cabochon, dan lain-lain. Bentuk biasanya akan mempengaruhi keindahannya. Safir yang dibentuk faceted tak akan mengeluarkan ster, ster akan muncul pada bentuk Cabochon.

7. Makna atau Historis, Historis yang menimpulkan arti tertentu juga akan mempengaruhi penggemar batu permata akan membayar lebih mahal, ini memang susah dinilai karena unsur sugesti.

Semoga tulisan-tulisan di atas bisa bermanfaat, tulisan ini sifatnya Opini.

wiryo
Penilai Berlian dan Emas

Berita terkait

1.  Hati-hati Membeli Batu Permata

2. Alat test Batu Permata

3. Cara menguji Batu Permata

4. Alat test Berlian 

0 Comments: