Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Sederhana Menguji Keaslian Batu Safir dan Ruby

 

  Blue Saphire  

 

Pada dasarnya untuk mengetahui keaslian batu safir dan Ruby sangatlah mudah, karena batu permata jenis ini memiliki serat-serat yang khas seperti tampak pada gambar di atas. Namun demikian kadangkala ada batu safir atau batu ruby yang serat-seratnya tidak tampak.

nah untuk batu permata safir atau ruby yang seratnya tidak tampak ada kemungkinan batu tersebut adalah sintetis, ciri safir sintetis akan terlihat gelembung udara jika dilihat dengan loupe atau kaca pembesar.

Untuk menguji keaslian safir atau Ruby dapat juga menggunakan alat elektronik, perlu diketahui bahwa alat elektronik bekerja berdasarkan suhu jadi bukan kekerasannya.

Batu permata safir dapat di test dengan alat yang dinamakan Presidium Gem Tester.

  presidium gem teste gemologi  

Presidium ini sangat akurat untuk menguji keaslian batu permata safir dan ruby serta berlian, namun untuk batu2 yang lain hanya sebagai petunjuk awal, harga alat ini hanya Rp. 3.750.000,- . Perlu diketahui juga bahwa alat alat ini tidak bisa membedakan batu Natural (terbuat secara alami) dengan batu yang dibuat di laboratorium (Sintetis).

Diamond Selector II

  diamond selector  

Alat ini fungsi dasarnya adalah untuk test keaslian berlian, namun dapat juga digunakan sebagai alat test ruby dan Safir, hanya distel bautnya dan di Kalibrasi, harganya sangat murah hanya 300 ribu rupiah.

yang berminat dengan alat-alat di atas silahkan sms ke 085216329587 PIN 2a3496c7

Semoga bermanfaat.

http://sinarpermata.wordpress.com

Link Terkait

1. Info-info alat test Permata

2. Bentuk Batu Permata

3. Cat’s Eye penomena yang menarik

4. Asterism Penomena pada batu safir 

0 Comments: