Rabu, 24 Juni 2009

HARGA EMAS TERUS MEROSOT

Harga Emas Turun, Tiba Saatnya Membeli

JAKARTA. Harga emas di pasar internasional belakangan cenderung melemah. Pada pukul 19.51 WIB kemarin, harga emas untuk pengiriman Agustus 2009 di New York Mercantile Exchange (NYMEX) Amerika Serikat (AS) berada di US$ 938,3 per troy ounce. Harga ini telah turun 4,29% dari harga US$ 980,4 per troy ounce pada 1 Juni lalu.

Penguatan dolar AS lagi-lagi menjadi pemicu penurunan harga emas. Dampaknya, di pasar dalam negeri, harga emas juga ikut merosot. Kemarin, emas batangan di PT Logam Mulia dihargai Rp 315.000 per gram. Harga emas batangan ini telah turun 3,96% dari harga pada akhir Mei lalu yang Rp 328.000 per gram.

Catatan saja, meski dalam beberapa hari terakhir rupiah melemah terhadap dolar AS, Logam Mulia belum menerapkan patokan kurs baru untuk transaksi emas batangan. Kini, mereka masih mematok nilai tukar rupiah Rp 9.950 per dolar AS. Di akhir Mei 2009, Logam Mulia sempat mematok kurs Rp 10.485 per dolar AS. Ini pula agaknya yang membuat harga emas di Logam Mulia masih terpuruk.

Pada tahun ini, posisi tertinggi harga emas di unit usaha PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) itu tercapai pada 23 Februari 2009 lalu. Waktu itu, harga satu gram emas mencapai Rp 384.000. Selain karena harga emas di pasar dunia menembus US$ 1.000 per troy ounce, waktu itu kurs rupiah mencapai Rp 11.930 per dolar AS.

Nah, saat harga emas sedang turun seperti sekarang ini merupakan momen yang pas bagi investor untuk membeli emas batangan. Country Representative World Gold Council (WGC) Leo Hadi Loe mengingatkan, investor harus menghitung nilai tukar rupiah jika ingin berinvestasi emas berbasis rupiah. Sebab fluktuasi kurs rupiah bisa membuat harga emas bergejolak

Tapi, dia menganggap investasi emas masih menarik karena harga emas bisa kembali menembus US$ 1.000 per troy ounce tahun ini.

Faktor lainnya, kini berinvestasi emas di Indonesia semakin gampang. "Sekarang emas bisa dijual sewaktu-waktu," tutur Manajer Divisi Syariah Perum Pegadaian Rudy Kurniawan. Investor antara lain bisa menjual emas di Mulia, bursa emas Pegadaian.

SUMBER: http://www.kontan.co.id/index.php/investasi/news/15781/Harga-Emas-Turun-Tiba-Saatnya-Membeli

0 Comments: