Selasa, 04 Mei 2010

HARGA EMAS NAIK LAGI

Selasa, 04/05/2010 07:02:14 WIB

Harga emas spot pagi ini US$1.183,30 per ounce
Oleh: Lahyanto Nadie

harga emas

JAKARTA (Bloomberg): Harga emas di pasar spot hari ini tercatat di posisi US$1.183,30 per ounce, atau meningkat dibandingkan dengan US$1.179,03 per ounce pada posisi sebelumnya.


Harga emas naik, yang memperpanjang aksi relinya menuju lima bulan tertinggi, dipicu kekhawatiran utang Eropa yang juga menurunkan euro sebesar 1% terhadap dolar AS.


Emas dalam mata uang euro, sterling, dan francs Swiss menanjak menuju rekor. Logam mulia ini melonjak 5,9% bulan lalu karena para investor membeli logam ini dan dolar AS guna menghindari krisis keuangan di Eropa.


Kontrak emas berjangka untuk pengiriman Juni naik US$2,60 atau 0,2% menjadi US$1.853,30 per ounce di Comex di New York.
Sebelumnya, harga emas mencapai US$1.188,40, yang merupakan level tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 4 Desember.


Yunani tengah berada dalam sejumlah diskusi guna memperoleh dana bantuan Uni Eropa senilai US$146 miliar.
Sementara itu, Standard & Poor’s telah menurunkan rating surat utang untuk Yunani, Portugal, dan Spanyol minggu lalu. Krisis keuangan di sejumlah negara Eropa ini telah menyeret euro turun sebesar 7,9% tahun ini terhadap dolar AS.
“Meskipun Yunani sedang memperoleh dana tersebut, ada banyak keraguan tentang apakah mereka mampu melaksanakan rencana ini,” jelas Zeman. “Masyarakat hanya tidak merasa nyaman lagi dengan US$ dan sejumlah mata uang. Mereka lebih memilih membeli emas dan memperdagangkannya sebagai mata uang.”


Menurut sejarah, emas telah sering bergerak secara terbalik terhadap dolar AS.
Tahun lalu, logam ini mengalami reli sebesar 24% terkait merosotnya dolar AS sebesar 4,2% terhadap sekelompok mata uang utama termasuk euro.
“Reaksi emas ini menunjukkan yang terbaik dari kedua dunia,” tutur Tom Pawlicki, seorang analis MF Global Ltd. di Chicago.


Pawlicki menambahkan, ”Emas mampu naik meskipun melemahnya euro. Selain itu, emas juga dapat naik ketika euro tengah menguat karena melemahnya dolar AS."
Saham berjangka perak untuk pengiriman bulan Juli naik 20,1 cent atau 1,1% menjadi US$18,84 per ounce di Comex.


Sementara itu, Platinum untuk pengiriman Juli merosot US$16,20 atau 0,9% menjadi US$1.728,90 per ounce di New York Merchantile Exchange.
Penurunan juga dialami oleh palladium untuk pengiriman Juni yaitu sebesar US$7,50 atau 1,3% menjadi US$548,25 per ounce.(t01)

 

Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

0 Comments: