Jumat, 23 April 2010

DOLLAR MENGUAT, EMAS SEGERA TURUN

Harga emas tertekan penguatan dolar AS

Jumat, 23/04/2010 08:04:44 WIB

Oleh: Bloomberg

161920p

NEW YORK (Bloomberg): Harga emas untuk pengiriman tiga bulan jatuh saat dolar bereli dan mengikis daya tarik logam mulia tersebut sebagai investasi alternatif.
Nilai tukar dolar mengalami peningkatan untuk enam sesi berturut-turut terhadap sejumlah mata uang papan atas, termasuk euro, setelah Uni Eropa menyatakan defisit anggaran Yunani lebih luas dari yang diperkirakan. Harga emas naik 24% di 2009 saat dolar jatuh 4,2%.


“Kita melihat penjualan besar-besaran semua aset berisiko,” ujar Adam Klopfenstein, ahli strategi pasar senior di Lind-Waldock, perusahaan pialang di Chicago. “Banyak pertanyaan keluar dari Yunani dan orang-orang merasa aman membeli mata uang bernilai tinggi seperti dolar daripada emas.”


Harga emas untuk pengiriman Juni jatuh US$5,90 atau 0,5% menjadi US$1.142,90 per ons di bursa Comex di New York, menghentikan kelajuan setelah dua hari maju.


Harga saham di Eropa, Asia dan AS jatuh dan biaya penjaminan utang Yunani mencapai rekor tertinggi.
“Ada risiko buruk karena Yunani tidak juga menegaskan berapa jumlah yang mereka butuhkan untuk bail out,” ujar Frank McGhee, kepala dealer di Integrated Brokerage Services LLC di Chicago. “Dolar semakin kuat, dan emas menanggapi seperti biasanya.”


Penurunan harga emas terbatas saat para investor membeli logam mulia sebagai alternatif terhadap euro, menurut para analist. Harga emas dalam mata uang euro mencapai rekor tertinggi pada 9 April. (t04

sumber : http://web.bisnis.com/harga/logam-mulia/1id176921.html

 

wiryo

Praktisi & Pengajar penilaian emas
http://full-emas.blogspot.com

0 Comments: