Rabu, 16 Juni 2010

Harga Emas Melonjak Lagi

Harga emas melonjak

Oleh: Bloomberg

Emas-reuters-tangan-dalam

 

NEW YORK (Bloomberg) : Harga emas mengalami peningkatan tertinggi dalam sepekan sebagai investasi alternatif terhadap mata uang saat dolar terpuruk dan kekhawatiran makin meningkat bahwa krisis utang Eropa akan makin besar. Harga spot emas saat ini tercatat pada US$1.233,20 per ounce.


Dolar jatuh untuk dua hari berturut-turut terhadap serangkaian enam mata uang. Level utang di Spanyol dan Portugal mungkin makin menggunung dalam beberapa tahun mendatang, dan pemotongan anggaran kembali diperlukan untuk mengatasi target defisit yang diumumkan sebulan lalu menurut rancangan dokumen Komisi Eropa.
“Harga emas tidak dipengaruhi oleh melemahnya dolar,” ujar Matt Zeman, pialang di LaSalle Futures Group di Chicago. “Pada satu titik, hubungan yang bertolak belakang antara emas terhadap dolar akan kembali. Reli pada euro tidak akan berlangsung lama, dan masalah utang Eropa akan tetap menyokong harga emas.”


Harga emas untuk pengiriman Agustus meningkat US$9,90 atau 0,8% menjadi US$1.234,40 per ounce di Comes di New York, peningkatan terbesar untuk kontrak paling aktif sejak 7 Juni.
Logam mulia ini telah mencatat rekor US$1.254,50 pada 8 Juni saat euro jatuh ke titik terendah empat tahun terhadap dolar. Harga emas sudah naik 13% tahun ini, dan euro telah turun 14%.


Dalam sejarahnya, harga emas telah bergerak bersama euro sebagai alternatif terhadap dolar. Tahun ini, harga emas dalam euro, poundsterling Inggris dan franc Swiss juga telah mencapai rekor.
“Jika ada pelemahan signifikan pada euro, akan ada aliran modal ke emas,” ujar Frank Lesh, pialang di FuturePath Trading LLC di Chicago. “Belum bisa dikatakan bahwa masalah di kawasan Eropa telah usai.”


Moody’s Investors Service kemarin memotong peringkat kredit Yunani menjadi “junk.”
“Keuangan publik yang mengancam, pertumbuhan ekonomi yang buruk serta masalah utang pemerintah dan mata uang akan mengarah pada pencarian investasi aman untuk emas,” kata pialang GoldCore Ltd yang berbasis di Dublin dalam sebuah laporan.
Harga perak untuk pengiriman Juli naik 16,7 sen atau 0,9% menjadi US$18,578 di Comex.


Harga Platinum untuk pengiriman Juli meningkat US$14,60 atau 0,9% menjadi US$1.578 per ounce di New York Mercantile Exchange.
Harga palladium untuk pengiriman September naik US$12,95 atau 2,8% menjadi US$475,55 per ounce. (t04/mrp)

 

 Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

 

Sumber : http://web.bisnis.com/harga/logam-mulia/1id187513.html

 

Anda Perlu Alat Uji Kadar Emas Dan Berlian??? Klik Disini

0 Comments: