Kamis, 10 Juni 2010

Harga Emas Mulai Turun

Kamis, 10/06/2010 07:59:53 WIB

Pagi ini, harga emas US$1.216,20 per ounce
Oleh: Bloomberg

Emas-reuters-tangan-dalam

NEW YORK (Bloomberg) : Gubernur Bank Setral AS Ben S. Bernanke mengatakan harga emas memberi sinyal berbeda terhadap inflasi dibandingkan dengan bahan baku lainnya. Pagi ini, harga logam mulia itu tercatat melampaui rekor pada level 1.216,20 per ounce.


“Harga komoditas lain akhir-akhir ini turun cukup besar, termasuk harga minyak dan bahan pangan,” ujar Bernanke menanggapi pertanyaan ketika berbicara di dalam sidang dengar pendapat Komite Anggaran Parlemen. “Jadi emas menunjukkan perilaku berbeda dibandingkan dengan komoditas lainnya.”


Harga emas untuk pengiriman Agustus jatuh US$15,70, atau 1,3%, menjadi US$1.229,90 per ounce di Comex di New York hari ini. Kemarin logam mulia tersebut mencapai titik tertinggi US$1.254,50, sebuah rekor baru. Harga emas terus menanjak selama sembilan tahun berturut-turut dan pada 2010 telah naik 12%.
“Bernanke menentang pendapat bahwa pelaku pasar membeli emas karena ada ancaman inflasi,” ujar Matt Zeman, pialang emas di LaSalle Futures Group di Chicago. “Deflasi kini yang menjadi ancaman.”


Harga konsumen jatuh 0,1% pada April, penurunan pertama sejak Maret 2009, menurut catatan dari Departemen tenaga Kerja. Dalam 12 bulan yang berakhir 30 April, indeks tersebut naik 2,2% menyusul 2,3% kenaikan dari tahun ke tahun pada Maret.
Journal of Commerce Industrial Price Commodity Smoothed Price Indeks yang mencatat tingkat pertumbuhan bahan baku termasuk baja, kulit binatang, lemak dan kain goni anjlok 57% pada Mei, penurunan terbesar sejak Oktober 2008. Harga minyak berjangka telah jatuh 6,3% tahun ini dan harga jagung turun 18%.


Sejumlah investor membeli emas sebagai simpanan aman terhadap harga-harga yang makin tinggi. Tahun ini, emas telah bereli akibat krisis utang eropa mendorong permintaan untuk mata uang alternatif. Euro turun 16% tahun ini terhadap dolar.
“Muncul banyak sekali ketidakpastian dan kekhawatiran pada pasar finansial saat ini,” ujar Bernanke. “Sejumlah orang percaya bahwa emas akan menjadi simpanan aman terhadap investasi lain yang dianggap berisiko dan sulit diprediksi pada saat ini.”


Performa emas lebih baik dari pada saham, obligasi dan komoditas lain tahun ini.
“Ketika tidak ada simpanan lain yang baik, orang melirik ke emas,” ujar Zeman. (t04

 

sumber : http://web.bisnis.com/harga/logam-mulia/1id186392.html

 

Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

0 Comments: