Selasa, 24 April 2012

Harga Emas Melorot ke Level Terendah dalam Dua Minggu

20uOvKZL60

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga emas berjangka turun ke posisi terendah dalam dua minggu menyusul penguatan mata uang dollar AS sehingga hal ini menurunkan permintaan emas sebagai alternatif investasi.

 

Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Juni turun 0,6 persen menjadi 1.632,6 dollar AS  per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada Senin (23/4//2012) pukul 13.42 di Comex, New York. Sebelumnya, harga emas sempat menyentuh 1.623,6 dollar AS per troy ounce, yang merupakan harga terendah sejak 5 April 2012.

 

Harga emas yang merosot disebabkan dollar AS menguat 0,6 persen terhadap sejumlah mata uang utama. Menguatnya dollar AS antara lain akibat adanya kekhawatiran hasil pemilihan umum presiden Perancis akan mengganggu usaha untuk mengatasi krisis utang di wilayah Eropa. Kondisi manufaktur dan jasa di zona euro pun merosot lebih dari yang diperkirakan pada bulan April.

 

Di sisi lain, menurut Markit Economics and HSBC Holdings Plc, produksi manufaktur China juga berkontraksi selama enam bulan. "Ada kegelapan dan orang-orang ingin berpindah ke tunai," kata Frank McGhee, Kepala Dealer Integrated Brokerage Services LLC, di Chicago, Senin waktu setempat.

Ia pun mengatakan, produksi manufaktur China telah menekan sentimen pasar. "Permintaan fisik sangat diam (sedikit)," ujar Bernard Sin, Kepala Perdagangan Mata Uang dan Logam MKS Finance SA, di Geneva.

 

Sumber :  http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/04/24/07353875/Harga.Emas.Melorot.ke.Level.Terendah.dalam.Dua.Minggu

0 Comments: