Rabu, 15 April 2009

ISTILAH KADAR EMAS DI MASYARAKAT

Memahami Kadar Emas

SUMBER : http://www.wartakota.co.id/read/mall/1514

Penyebutan Emas 22 Karat Salah Kaprah

Sesungguhnya yang dimaksud emas 22 karat oleh para pedagang emas itu masuk kategori emas 18 karat. ”Ini sudah salah kaprah soal emas 22 karat, padahal emas tersebut termasuk kategori 18 karat. Kalau emas 22 karat, biasanya disebut emas Dubai,” kata Rizal dari Toko Emas Singgalang di Wisma Indonesia, kawasan Blok M, Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (12/3).


Oleh karena itu, Rizal menegaskan konsumen jangan bertanya atau menyebut emas 22 karat. Karena yang disebut emas 22 karat di Jakarta sebenarnya emas 18 karat. ”Maka mulai saat ini sebaiknya menyebut emas sesuai kadarnya, yakni 75 persen. Kalau emas yang disebut 22 karat itu kadarnya 750 atau 75 persen. Tapi, umumnya pembeli sudah tahu emas 750,” ujarnya.
Dengan demikian, calon pembeli jangan sampai terkecoh dengan sebutan emas 22 karat. ”Maka dari itu, harga emas 22 karat di satu toko berbeda dengan toko yang lain,” tegas Rizal.


Kenyataan bahwa sebutan emas 22 karat ternyata emas kategori 18 karat dibenarkan Rudy dari Toko Emas Halim di Melawai Plaza. ”Sebenarnya yang dimaksud emas 22 karat oleh para pedagang itu emas 18 karat atau 75 persen. Kalau emas 22 karat itu disebut emas Dubai,” katanya.
Masih kata sejumlah pedagang emas di Melawai, selain emas, logam mulia tetap paling favorit untuk investasi. Kata Rudy, baru tiga hari lalu ia menjual logam mulia 500 gram seharga Rp 183 juta. Umumnya logam mulia untuk dijadikan investasi atau tabungan, biasanya logam mulia disimpan di bank.


”Ada belasan pelanggan yang biasa membeli logam mulia di tempat kami. Mereka mengaku membeli logam mulia untuk investasi jangka panjang. Ada salah satu pelanggan saya, hingga saat ini punya simpanan logam mulia hampir 2 kg,” kata Rudy.


Hal yang sama dikatakan Maswar dari Toko Emas Mutiara di Melawai Plaza. ”Kalau di sini umumnya pelanggan yang membeli logam mulia antara 100 gram sampai 200 gram,” katanya sambil menambahkan logam mulia terkecil mulai 2 gram sampai 1 kg dalam bentuk batangan.
Selama belasan tahun dia berdagang emas, kata Maswar, harga logam mulia tertinggi adalah Rp 380.000/gram ketika Barrack Obama dilantik menjadi Presiden AS. ”Padahal harga normalnya Rp 250.000 per gram,” ungkapnya.


Perhiasan
Sementara itu, tren emas perhiasan sekarang ini lebih banyak dalam bentuk cincin dan gelang. Menurut Rudy, sejak banyaknya wanita mengenakan kerudung, permintaan akan perhiasan emas berupa kalung dan anting-anting berkurang. ”Tapi, cincin paling banyak diminati,” katanya.


Mengenai harga emas, sejumlah pedagang mengaku mengacu kepada harga resmi yang dikeluarkan PT Aneka Tambang Tbk, yaitu pada pembukaan perdagangan pagi hari dan penutupan perdagangan sore hari 


Merski demikian banyak pedagang yang mengacu kepada harga emas dunia yang ditransaksikan di London, Inggris. Bahkan banyak pedagang mengakses harga emas di London dengan cara mengirim SMS ke salah satu nomor telepon seluler yang menyediakan jasa layanan tersebut. (mir)

 

Menurut saya itu salah kaprah yang dibuat oleh pedagang emas.

kalo pegadaian menyebut emas 22 karat ya dalam prosentase 91,6.

maka hati-hatilah dalam membeli emas 22 karat, sebaiknya dalam bentuk prosentase biar tidak kena tipu oleh salah kaprah tersebut. sebenarnya emas dubai pun ada yang kadar rendah 85%.

2 Comments:

Unknown said...

Saya sangat berterimakasih banyak kepada aki wono atas bantuan dana ghaibnya dan saya tidak pernah menyanka kalau saya bisa mendapatkan uang sebesar 470 juta,berkat bantuan aki saya bisa melanjutkan bisnisku lagi dan saya tidak pernah menyanka kalau ini benar benar nyata karna sudah banyak paranormal yang sudah saya hubungi dan saya datangi,itu tidak pernah membawakan hasil bahkan uang saya habis dibawa lari sama mereka dan cuma aki wono saja yang membawakan hasil kalau anda mau di bantu silahkan hbg aki wono di nmr 085-320-535-559...aki wono juga bisa mengeluarkan angka togel yg di jamin 100% tembus seperti 4d 5d 6d angka dari aki betul-betul tembus karna sya udah buktikan terimakasi

Unknown said...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [4662] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI? bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DARSA,,di no (((085-333-222-717)))
insya allah anda bisa seperti saya?menang NOMOR 543 JUTA ,

PESUGIHAN DANA GAIB

PESUGIHAN UANG BALIK

DAN PESUGIHAN TUYUL