Sabtu, 16 Januari 2010

Sekilas Investasi Emas

EMAS Semakin berkilau, Cocok buat Investasi Jangka Panjang

kebook31

Siapa yang tidak kenal emas, dari zaman nenek moyang dulu hingga kini kemilaunya tidak pernah pudar,klaunya semakin memukai saat ini.

 

Harga harga komoditi terus melonjak ditengah-tengah labilnya pasar pinansial global, Emas, minyak tembaga, Gandum merupakan komoditas yang terus mencapai rekor terbaru dalam perdagangan dunia. Apalagi sekarang ini tingkat inflasi semakin tinggi menyebabkan para pemilik cenderung mencari pilihan aman untuk menyimpan uang dan mengembangbiakan uangnya. Fakta membuktikan, bila terjadi inflasi tinggi, harga emas akan naik lebih tinggi daripada inflasi. semakin tinggi inflasi semakin tinggi kenaikan harga emas. Statistik menunjukan bahwa bila inflasi mencapai 10%, maka emas akan naik 13%. Bila inflasi 20 persen maka emas akan naik 20%. Tetapi bila inflasi 100% maka emas akan naik 200%. Inilah kenapa sebaiknya mempertimbangkan emas sebagai wahana investasi. Ini karena dipercaya sebagai penangkal inflasi. Semakin tinggi inflasi biasanya akan semakin baik kenaikan nilai emas yang Anda miliki. Tetapi patut dicatat bahwa harga emas akan cenderung konstan bila laju inflasi rendah, bahkan cenderung sedikit menurun apabila laju inflasi dibawah dua digit. Jadi emas hanya bagus bila terjadi inflasi moderat (dua digit ), dan akan lebih baik lagi bila terjadi inflasi hiper ( tiga digit ).

 

Selain itu harga emas dipatok dalam USD sehingga kita dolar menguat maka pemilik emas akan menikmati dua keuntungan. Pertama dari penguatan dolar dan kedua dari kenaikan harga emas itu sendiri.

 

Beragam bentuk Emas

Emas tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari batangan atau lantakan, koin emas dan emas perhiasan. Jenis emas batangan adalah yang terbaik untuk investasi karena kapanpun dimanapun Anda ingin menjualnya nilainya akan sama, nilai ini mengikuti standar internasional yang berlaku nilainya pada hari penjualan. Kemudian yang kedua adalah emas coin, dimana bentuk emas seperti ini adalah salah satu bentuk lain dari emas batangan yang sudah dibentuk menjadi koin emas murni. Yang perlu diketahui adalah koin emas bagus untuk investasi. Namun sayangnya sekarang sudah sulit dijumpai lagi di Toko toko emas. Bagaimana dengan perhiasan? Perhiasan kurang baik dijadikan media investasi. Karena perhiasan membutuhkan jasa pembuatan tertentu dan membebankan biaya pembuatan kepada pembelinya. Sehingga selain Anda membeli emasnya Anda juga akan membayar onkos pembuatannya.

 

Bila anda berinvestasi emas untuk jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuknya emas perhiasan. Karena kalau anda datang ke toko untuk membeli emas akan dikenai ongkos pembikinannya sedangkan bila anda akan menjualnya kembali maka toko tidak mau membayar ongkos pembuatannya. Ia hanya mau membayar emasnya saja. Malah masih untung sebetulnya kalau toko mau menerima emas perhiasan anda. beberapa toko kadang-kadang menolak penjualan emas perhiasan dari masyarakat penyebabya bisa macam-macam, salah satunya adalah karena mereka takut kalau-kalau emas perhiasan itu tidak laku lagi apabila dijual kembali. kalaupun mereka membelinya lagi mereka harus melebur emas tersebut. Karena itu investasi dalam bentuk emas perhiasan lebih untung kalau disimpan untuk jangka panjang.***

0 Comments: