Kamis, 08 April 2010

HARGA EMAS TAK PERNAH TURUN?

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]  

Harga emas hari ini naik drastis ke level  $1.146/Troy Ounce (1 Troyounce = 31,10325 gr) dari level sebelumnya $1.135/oz. Ini adalah harga tertinggi sejak awal tahun 2010.

au1825nyb

Lihat grafik emas yg terus meningkat sepanjang 5 tahun.

Menarut saya , apapun pengaruhnya harga emas secara jangka panjang akan naik terus, Kenapa?

1. Jumlah Penduduk naik terus, transaksi Jasa dan barang makin besar emas makin diperlukan untuk penjaminan mata uang seiring meningkatnya jumlah uang beredar.  Jadi makin banyak uang beredar nilai emas makin naik.

2. Kebutuhan Emas untuk perhiasan pun makin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk, sedangkan jumlah emas dialam ini makin menipis,

3. Biaya untuk mendapatkan atau eksplorasi pertambangan makin meningkat, hal ini disebabkan karena makin dalamnya letak emas di perut bumi.

 

Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah kenapa harga emas bisa turun?

Harga emas turun itu sifatnya hanya sementara, bisanya dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah sehingga mempengaruhi minat investor untuk mengalihkan dananya ke Instrumen lain. Jadilah harga emas turun sementara. Atau campur tangan pemerintah atau Dana Moneter dengan melepas cadangan emas.

 

Semakin krisis, harga emas makin naik.

Mungkin Anda pernah mengmati harga emas tahun 1996, harga emas waktu itu hanya Rp. 30.000,- per gram. saat krisis tahun 1998 harga emas naik menjadi 120.000,-. berapa persenkah kenaikannya? 300% bukan? sungguh kenaikan yang pantastis.


Ketika krisis tahun 2008 harga emas pun naik tajam dari harga 200.000,- per gram menjadi 300.000/gram.

Menurut para analis krisis akan berlangsung dalam dekade 10 tahunan. Maka saatnya kita menabung emas sebelum krisis.***

 

wiryo
Praktisi dan Pengajar Penilaian Emas.

 

Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

0 Comments: