Senin, 12 April 2010

HARGA EMAS TERUS MENGUAT

 

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

SINGAPURA (Bloomberg):  Harga emas naik menyusul  munculnya sinyalemen pemulihan ekonomi yang mendorong permintaan akan komoditas dan saham. Harga Platinum juga naik ke level tertinggi sejak Agustus 2008.


Harga emas untuk pengiriman langsung naik 0,5% menjadi US$1.125,80/ounce pada pukul 5:52 petang di Singapura. Sementara harga emas untuk pengiriman Juni di New York sedikit berubah pada level US$1.126,70/ounce.


"Pembelian spekulatif terus berlanjut disebabkan taruhan para spekulan bahwa pemulihan ekonomi akan bertambah cepat. Bursa sedang dalam keadaan semangat," ujar Paul Yamamura yang merupakan pialang logam mulia berbasis Tokyo di Sumitomo Corp.


Sebelum dirilisnya laporan ekonomi pada hari ini, para ekonom mengatakan bahwa industri jasa AS mungkin akan berekspansi pada laju tercepat sejak 2007 pada bulan Maret. Sementara dalam sebuah laporan yang dirilis pekan lalu, sektor manufaktur China dilaporkan terus tumbuh pada bulan ketiga belas dan pabrikan AS melakukan ekspansi tertinggi sejak Juli 2004.


Sentimen bisnis di Jepang meningkat pada level tertinggi sejak 2008, sementara pabrikan di Inggris dan kawasan Eropa juga meningkatkan produksi mereka. 
Sekitar 13 atau 57% dari 23 pialang

investor, dan analis yang disurvey Bloomberg menyatakan bahwa harga emas akan naik pekan ini. Lima pengamat lain memprediksi harga akan lebih rendah, serta empat lainnya berada dalam posisi netral.


Harga platinum untuk pengiriman langsung meningkat 1,6% menjadi US$1.688,75/ounce, ini merupakan level tertinggi sejak 1 Agustus 2008. Rasio Platinum terhadap emas meraih level tertinggi sejak Lenham Brothers Holdings Inc menyatakan kebangkrutan pada bulan September 2008.


Satu ounce platinum setara dengan 1.4925 ounce emas hari ini. Rasio rata-rata mencapai 1,3 tahun lalu dan meningkat 2,4 di bulan Mei 2008. Menurut data Bloomberg, ini merupakan level tertinggi sejak 2001.


Harga dari jenis logam yang seringkali digunakan dalam konverter katalis ini melonjak 15% tahun ini, mengungguli kenaikan harga emas yang mencapai 2,6%. Kenaikan harga platinum ini didorong oleh dimulainya pertukaran dalam perdagangan platinum di bulan Januari yang justru mendorong pembelian akan platinum. (htr)

 

Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

0 Comments: