Senin, 31 Januari 2011

China berencana tingkatkan cadangan emas dan perak

61162_ilustrasi_emas_300_225

 

JAKARTA: Penasihat bank sentral China menilai negara tersebut perlu meningkatkan cadangan emas dan peraknya pada tahun ini guna internasionalisasi yuan.

 

Penasihat bank sentral China Xia Bin menilai kebijakan meningkatkan cadangan emas di saat yang tepat sejalan dengan strategi internasionalisasi yuan.

 

“Departemen terkait harus menggunakan strategi buy in the dip atau membeli saat terjadi koreksi signifikan dalam periode yang cukup lama,” ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, hari ini.

 

Harga bullion melambung sebesar 30% pada 2010, seiring pelemahan dolar AS dan aksi investor mencari jenis investasi bernilai di tengah pelemahan mata uang. China mengizinkan lebih banyak penggunaan mata uang reminbi untuk transaksi antar negara guna mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS.

 

Hwang Il Doo, pedagang senior pada Korea Exchange Bank Futures Co., menilai rencana tersebut positif bagi pergerakan harga emas dalam jangka menengah dan panjang. Namun demikian, lanjutnya, tetap saja hal itu tidak memberikan dampak langsung terhadap harga karena kenaikan harga emas saat ini lebih banyak terkait dengan peristiwa krisis sosial dan politik di Mesir.

 

Ketua Asosiasi Produsen Perhiasan Indonesia (APPI) Leo Hadi Loe mengatakan emas masih punya kesempatan untuk mengalami kenaikan. Namun begitu, lanjutnya, potensi kenaikan tidak terlalu besar sebab harga emas saat ini sudah berada di level tinggi.

 

Dia mengatakan beberapa waktu terakhir emas bergerak di kisaran US$1.330-US$1.340 per ounce. Akhir tahun lalu komoditas tersebut bahkan menembus US$1.400 per ounce. Level harga tersebut, lanjutnya, cukup membuat investor waswas karena resiko yang cukup besar.

 

“Tidak mudah mendorong lonjakan kenaikan harga emas dengan level saat ini. Namun peluang untuk naik tetap masih ada meski tidak terlalu besar,” ujarnya kepada Bisnis.

 

Aosiasi Emas China (China Gold Association) memperkirakan total konsumsi emas di negara itu dapat tumbuh sebesar 15% pada paruh pertama tahun ini.

 

Kenaikan itu didorong oleh pertumbuhan permintaan alternatif investasi dan sarana lindung nilai terhadap inflasi. Chairman Bursa Emas Shanghai (the Shanghai Gold Exchange) Shen Xiangrong mengemukakan impor emas oleh China melonjak hampir 5 kali lipat dalam 10 bulan pertama tahun lalu dibandingkan dengan total 2009. China tidak teratur mempublikasi angka perdagangan emas dan jarang mengomentari cadangannya.

 

Harga kontrak pengiriman segera bullion naik sebesar 0,7% menjadi US$1.346,27 per ounce dan sempat menyentuh level US$1.339,25 per ounce pada 12:53 di Seoul. Harga naik 2,5% pada 28 Januari dan merupakan kenaikan intraday terbesar sejak 14 November 2010.

 

Ketegangan yang terjadi di Mesir menimbulkan kekhawatiran kerusuhan serupa dapat menyebar ke negara lain di Timur Tengah sehingga mendorong permintaan jenis investasi yang aman (investment haven).(fh)

 

Sumber : http://www.bisnis.com/market/komoditas/10495-china-berencana-tingkatkan-cadangan-emas-dan-perak

 

Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

 

 

Link Populer

1.Tips Mendapatkan Pasive Income dari Internet

2.Cara Cerdas Investasi Emas

3.Jual Alat Uji emas dan berlian harga murah Bermutu

4.Bisnis Pulsa Tanpa Modal hasil Jutaan

5.Timbangan Saku cocok untuk jual beli emas

6.Diamond Selector II, alat uji Keaslian Berlian

7.Bisnis Sambilan Hasil Melimpah

0 Comments: